Mengenal Alat Chemistry Analyzer Sebagai Alat Cek Unsur Kimia Darah

Chemistry Analyzer merupakan satu alat kesehatan yang sangat penting khususnya sebagai alat diagnostic. Alat yang disebut juga dengan istilah photometer ini ditemukan oleh Leonard Skeggs, PhD pada tahun 1957. Perkembangan pesat dialami dunia kedoketern sejak alat ini ditemukan hingga sekarang terus mengalami berbagai macam perkembangan yang memudahkan para analis untuk menganalisa sampel darah.

mengenal chemistry analyzer

Tahukah anda bagaimana alat ini bisa bekerja menganalisa sample darah sehingga mendapatkan data – data berupa unsur – unsur kimia darah tertentu. Berikut ini sedikit penjelasan mengenai prinsip kerja chemistry analyzer

1. CFA (Continuous Flow Analyzer)

Prinsip yang penting dari sistem kerja alat ini yaitu ada pada pengenalan gelembung udara. Di dalam CFA aliran terus menerus dari material dibagi dengan gelembung udara ke segmen diskrit dimana terjadi reaksi kimia. Reagen tergabung dengan aliran tersebut dan diangkut dalam gulungan tubing melewati sample dari satu alat dengan fungsi yang berbeda. Sample dan standar diperlakukan sama persis deengan cara tersebut.

2. FIA (Flow Injection Analyzer)

Pada sistem ini reaksi tidak perlu mencapai penyekesaian karena semua sample dan standar diberikan pada periode yang sama untuk bereaksi. Namun metode ini memiliki batasan waktu yang diperlukan untuk memperoleh sinyal terukur sejak melalui pipa. Metode FIA tidak boleh digunakan jika sinyal yang meminday tidak dapat diperoleh dalam waktu dua menit.

Mungkin anda yang awam dengan alat – alat kesehatan di rumah sakit tidak paham betul fungsi alat ini. Mungkin penjelasanya seperti ini. Di dalam darah kita terdapat banyak sekali unsur – unsur kimia yang dihasilkan dari makanan kita dan juga hasil metabolisme tubuh.

Terkadang ketika unsur kimia tersebut terlalu banyak, dapat menimbulkan penyakit tertentu. Untuk mengetahui kadar unsur tersebut dalam tubuh kita, dibutuhkan alat. Alat ini tidak lain adalah chemistry analyzer.

Alat ini tidak diproduksi di Indonesia sehingga harganya pun cukup mahal. Contohnya buatan Cina saja harga chemistry analyzer merk Mindary bisa mencapai ratusan juta rupiah untuk seri – seri tertentu. Jadi wajar apabila biaya pemeriksaan darah di laboratorium atau di rumah sakit cukup mahal juga. Namun demikian, alat ini merupakan solusi terbaik untuk analisa unsur kimia darah dengan cepat.